085865141296

cs@scundip.org

HASIL QUICK COUNT PILGUB JATENG 2018

OLEH STATISTICS CENTER UNDIP

Statistics Center Undip – Rabu, 27 Juni 2018 Provinsi Jawa Tengah Mengadakan Pesta Demokrasi pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Dalam Pilgub Jateng 2018, banyak lembaga survei yang mengadakan perhitungan cepat (quick count) dengan maksud untuk memberikan hasil cepat perhitungan Pilgub Jateng 2018 kepada masyarakat tanpa menunggu hasil perhitungan riil (Real Count) dari KPU. Statistics Center Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ikut berpartisipasi dalam mengadakan quick count untuk Pilgub Jateng tahun ini.

grafik

Sampel yang diambil sebanyak 382 TPS yang tersebar dalam 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah . Hasil quick count Pilgub Jateng 2018 yang dilakukan oleh Statistics Center Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada Rabu (27/6/2018) tercatat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan nomor urut satu (Ganjar Pranowo & Taj Yasin) yang diusung lima partai koalisi yaitu PDIP, PPP, Demokrat, NasDem, dan Golkar memperoleh 60,86% suara sedangkan pasangan nomor urut dua (Sudirman Said & Ida Fauziyah) yang diusung empat partai koalisi yakni Gerindra, PKB, PKS, dan PAN memperoleh 39,14% suara. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui pasangan nomor urut satu yaitu Ganjar Pranowo & Taj Yasin unggul dengan memperoleh angka tertinggi sebesar 60,86% suara. Dari hasil ini pasangan Ganjar Pranowo & Taj Yasin hampir dipastikan akan memimpin Jawa Tengah dalam 5 tahun ke depan.

Hasil quick count Pilgub Jateng 2018 ini merupakan perhitungan dari mahasiswa-mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Diponegoro. (SC-SCSI 2018)

hasil akhir quick count1