085865141296

customerservice.scundip@gmail.com

REGRESI TOBIT

 

Regresi tobit pertama kali diperkenalkan oleh James Tobin pada tahun 1958. Regresi Tobit merupakan analisis regresi yang digunakan untuk variabel terikat yang sebagian datanya memiliki skala pengukuran diskrit dan sebagian yang lain berskala kontinu. Greene (2008) menyebutkan bahwa variabel terikat yang bersifat mixture (campuran) memiliki struktur data dengan skala diskrit untuk yang bernilai nol, dan berskala kontinu untuk yang tidak bernilai nol. Data tersebut disebut juga data tersensor. Tersensor sendiri dalam hal ini dapat berarti nilai dari variabel terikat tersebut terkonsentrasi atau terkelompok pada satu nilai (Novianti, 1993 dalam Salim, 2007). Sebaran data tersensor adalah sebaran normal tersensor, yang mengikuti asumsi N(µ,σ).

Model regresi tersensor merupakan salah satu metode statistika yang dapat digunakan untuk menentukan model bila terjadi pembatasan pada variabel terikatnya. Pada model regresi tersensor beberapa nilai sampel dicatat sebagai nilai batas dari nilai yang sebenarnya. Data pengamatan pada variabel jenis ini mengelompok akibat adanya batas bawah (tersensor kiri), batas atas (tersensor kanan) atau dapat juga keduanya. Pembatasan tersebut dapat terjadi secara alamiah seperti beberapa nilai yang lebih dekat terhadap suatu nilai tertentu. Pembatasan juga dapat ditentukan oleh peneliti tergantung pada tujuan penelitiannya (Frone, 1997).

Dalam model Tobit standar didefinisikan seperti masalah diatas dengan nilai a=0 . Formulasi model Tobit dalam Tobin (1958) dalam Greene (2008) secara umum adalah sebagai berikut.

tobit1

Dimana i=1,2,…,T dan tobit2 adalah variabel terikat dengan persamaan sebagai berikut. 

 tobit3

Dengan : 

tobit2 : nilai variabel terikat yang sebenarnya 

tobit4  adalah vektor variabel bebas 

tobit5 adalah vektor parameter, p merupakan banyaknya variabel 

tobit6 : residual model yang mengikuti sebaran normal tersensor tobit7

 

 Sumber :

 Sinurat, Erwin, et al.Analisis Regresi Tobit. Bengkulu : Universitas Bengkulu.